Manfaat Kulit Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Buah kiwi tidak hanya dimanfaatkan dagingnya saja, namun ternyata kulit buah kiwi menyimpan berbagai manfaat buah kulit kiwi untuk kesehatan tubuh.

Selamat datang di https://caramengobatipenyakitstrokeblog.wordpress.com/ salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi manfaat kulit buah kiwi untuk kesehatan.

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan | Selain rasanya yang unik, manis dibalut rasa asam yang menggelitik lidah, buah kiwi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun tak hanya buahnya, kulit buah yang sebenarnya berasal dari Tiongkok dan kemudian dikomersialkan oleh Selandia Baru ini juga memiliki segudang manfaat kesehatan.

manfaat kulit buah kiwi untuk kesehatanKiwi merupakan sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genus Actinidia. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Cina. Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ). Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Seperti dilansir dari laman Dailymail baru-baru ini, kulit kiwi yang berwarna cokelat berbulu tipis tersebut ternyata mengandung antioksidan tinggi serta mengandung zat anti kanker, anti alergi hingga anti peradangan.

“Kulit kiwi tinggi antioksidan serta antikanker, antialergi, antiperadangan,” terang presiden Food and Health Forum dari Royal Society of Medicine, Dr Marilyn Glenville.

Kandungan antioksidan pada kulit kiwi, lanjut Dr Marilyn Glenville, bahkan tiga kali lebih banyak daripada antioksidan yang terdapat dalam dagingnya. Kulit kiwi juga bermanfaat untuk melawan Staphylococcus dan E-coli, bakteri penyebab keracunan makanan. Jika kulit buah kiwi hijau terlalu asam, Anda bisa mencoba kiwi jenis gold yang lebih manis dan minim bulu, namun dengan manfaat yang sama. Anda bisa mendapatkan manfaat kulit kiwi ini dengan disajikan sebagai campuran jus kiwi.

Sementara itu, dalam pertemuan American Heart Association di Orlando, Amerika Serikat, dipublikasikan hasil penelitian tentang khasiat buah kiwi yang dapat dengan efektif menurunkan hipertensi.

Penelitian yang dilakukan oleh Mette Svendsen dari Universitas Rumah Sakit Oslo, Norwegia, menyebutkan konsumsi kiwi tiga kali dalam sehari cukup efektif menurunkan hipertensi.

Penelitian tersebut dilakukan selama 8 minggu terhadap 118 orang berusia 55 tahun dan menderita hipertensi sedang. Para responden dibagi ke dalam dua kelompok, pertama adalah yang mengonsumsi tiga buah kiwi setiap hari dan sisanya mengonsumsi makanan yang mengandung apel satu kali dalam sehari. Setelah 8 minggu, para peneliti menemukan nilai tekanan sistolik (angka tekanan darah sebelah atas) para partisipan lebih rendah 3,6 milimeter dibanding dengan partisipan yang mengonsumsi apel.

Walau kelompok pemakan kiwi memiliki tekanan darah lebih rendah, namun para peneliti belum mengetahui apakah penyebab utamanya. Beberapa ilmuwan menyebutkan karena buah kiwi mengandung ion potasiun yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan dan Nilai Gizi Buah Kiwi

Buah kiwi kaya akan nutrisi seperti vitamin C,E,A, B (niacin, vitamin B6, dan folat), kalium, serat dan magnesium, namun rendah natrium, kolesterol dan lemak jenuh.

Satu porsi buah kiwi sebesar 177g mengandung:

-Kalori – 108
-Karbohidrat – 26g
-Serat pangan – 5g
-Vitamin C – 133mg
-Protein – 2g
-Sodium – 5mg
-Gula – 16g
-Kalsium – 6 persen
-Vitamin E – 3 persen
-Besi – 3 persen

Selain kulitnya yang kami bahas, daging buah kiwi juga menyimpang berbagai macam manfaat positif untuk kesehatan tubuh seperti :

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kiwi, buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah kiwi yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsinya.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2-3 buah kiwi per hari membantu mengencerkan darah, mengurangi pembekuan darah dan menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga bermanfaat mempertahankan kesehatan jantung .

  • Mencegah Kanker

Menurut Rowett Research di Inggris, mengkonsumsi buah Kiwi emas setiap hari akan memberikan hampir dua kali lipat tingkat perbaikan DNA Anda. Ini adalah jenis kerusakan genetik yang dapat bertanggung jawab terhadap kanker.

  • Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan 400-800 mikrogram asam folat untuk perkembangan janin di awal kehamilan. Kiwi adalah salah satu buah yang memiliki kandungan tinggi folat. Folat sangat bermanfaat membantu perkembangan otak dan kognitif dan mencegah cacat saraf pada bayi.

  • Kesehatan Jantung

Universitas Oslo di Norwegia telah melaporkan bahwa jika Anda mengkonsumsi dua atau tiga buah Kiwi sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda : mengencerkan darah dan mengurangi pembekuan darah. Buah ini juga mampu menurunkan tingkat trigliserida (lemak) dalam darah dengan rata-rata hingga 15%.

  • Kesehatan kulit

Buah kiwi juga mengandung lebih banyak kalium dibandingkan pisang. Tak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam buah ini juga lebih banyak dari jeruk. Kiwi juga kaya vitamin E dan Alfa Linoleic Acid, asam lemak esensial. Ini semua merupakan vitamin dan mineral penting untuk perawatan kulit .

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang kaya dan Vitamin C pada buah kiwi mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah terserang flu.

  • Kesehatan mata

Kadar karotenoid yang terdapat dalam buah kiwi membantu melindungi mata Anda dari radikal bebas berbahaya.

  • Baik untuk pencernaan

Kiwi hijau mengandung actinidin (enzim alami yang memecah protein). Buah ini juga memiliki kandungan tinggi serat yang mampu membantu memperbaiki buang air agar lebih lancar. Serat dari kiwi juga telah diteliti mampu membantu membersihkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, vitamin C yang ada dalam buah kiwi diyakini pula bisa membantu menghilangkan kembung dan membantu memfasilitasi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

  • Mengatasi Asma

Penelitian di Italia menemukan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi 5-7 porsi buah kiwi dan buah jeruk lainnya selama seminggu, mampu menurunkan gejala batuk, sesak nafas, dan mengi.

  • Sumber nutrisi

Buah kiwi disebut sebagai ‘nutritional all – star’ yang berarti bahwa buah ini memiliki kepadatan nutrisi terbaik. Konsumsilah buah kiwi sebagai menu sarapan Anda karena buah kiwi kaya akan magnesium yang mampu mengubah makanan menjadi energi.

Terus kunjungi situs https://caramengobatipenyakitstrokeblog.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Khasiat Minum Asam Jawa Saat Menstruasi

Manfaat Kulit Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s