Pilihan Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil

Beberapa Pilihan Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil

Selamat datang dan selamat menyimak artikel kesehatan mengenai Pilihan Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil.

Perkenalkan, kami dari pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya akan memberikan informasi tentang Pilihan Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil.

Pilihan makanan anti mual untuk ibu hamil-, Kehamilan merupakan hal yang tentu diharapkan oleh semua wanita yang telah menikah. Namun pada trimester pertama biasanya para ibu akan direpotkan dengan ‘morning sickness’ atau gejala mual dan muntah yang biasa terjadi pada pagi hingga siang hari. Mengalami mual dan muntah bagi wanita yang sedang hamil muda adalah hal wajar dan normal.

Sekilas Mengenai Beberapa Pilihan Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil

pilihanan makanan anti mual untuk ibu hamilNamun, meski dinilai wajar dan normal, morning sickness bisa menghambat aktivitas wanita yang mengalaminya. Untuk para calon ibu tak perlu khawatir, karena ‘morning sickness’ atau mual dan muntah bisa diatasi dengan cara alami seperti berikut :

  • Konsumsi Suplemen Vitamin B6

Cukupi asupan vitamin B6 anda untuk mengatasi mual dan muntah selama masa kehamilan. Namun, pastikan anda mengkonsumsi dosis yang tepat. Untuk lebih mengurangi rasa mual, sebaiknya memilih makanan yang mengandung vitamin B6. Vitamin ini memiliki sifat anti mual. Contoh jenis makanan yang mengandung vitamin B6 adalah jamur, hati, ikan, daging, kentang, gandum, ragi, kacang-kacangan, pepaya, pisang, sirup, tebu, dan sebagainya.

  • Banyak Mengkonsumsi Protein

Jangan pernah biarkan perut anda kosong saat hamil. Ini akan membuat gejala morning sickness semakin parah. Gula darah yang sedikit tinggi juga bisa menambah mual dan muntah yang anda rasakan Untuk mengatasinya, pastikan anda mengkonsumsi makanan yang kaya protein seperti telur rebus.

  • Makanan asam

Makanan asam seperti jeruk atau lemon bisa membantu mengatasi mual dan muntah selama masa kehamilan. Bahkan bau lemon atau jeruk saja bisa meredakan rasa mual. Anda bisa memakan jeruk, lemon, atau jeruk limau. Anda juga bisa menggunakan buah-buahan itu untuk minuman.

  • Mengkonsumsi Gizi Seimbang

Untuk mengurangi rasa mual, Ibu bisa mengonsumsi makan-makanan yang tinggi karbohidrat seperti, kentang, biskuit, roti, ubi-ubian, singkong dan sebagainya. Dan saat nafsu makan bertambah , Ibu dapat menambahnya dengan menu sayuran yang berkuah hangat seperti sup dan sayur bening (daun ubi, daun bayam, daun katuk, dll). Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan segar atau jus buah, seperti mangga, pepaya, pisang, tomat, melon, dll.

  • Minum susu hamil

Bila Ibu masih merasakan mual, Ibu bisa mencoba minum susu hamil karena dapat menghilangkan rasa mual dan eneg. Sekarang sudah banyak pilihan produk susu Ibu hamil yang sekaligus dapat mengurangi rasa mual. Biasanya kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam susu untuk Ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa mual.

  • Jahe

Jahe sudah digunakan untuk mengatasi morning sickness sejak lama. Anda bisa mengonsumsi jahe mentah, membuatnya sebagai minuman, atau makanan yang mengandung jahe. Jahe akan membantu anda meredakan perut yang bergejolak.

  • Chicken Mayo Sandwich

Meski sedang hamil, jangan lupa perhatikan asupan protein yang ada di dalam tubuh ya. Menu berikut ini bisa banget dikonsumsi sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan protein kita. Caranya, rebus ayam yang sudah dicincang, tiriskan airnya, campur dengan mayones, tambahkan saus agar terasa sedikit pedas, dan beri sedikit olive oil. Letakkan campuran tersebut di atas roti gandum, selada, dan potongan tomat.

  • Beef Brocoli

Banyak ibu hamil yang takut mengonsumsi daging saat periode kehamilan. Padahal, sebetulnya daging membawa manfaat yang sangat besar untuk tubuh jika dimasak dengan tepat. Selalu masak daging hingga matang agar aman dikonsumsi. Menu ini cocok sekali untuk dijadikan menu makan siang atau makan malam. Pertama, masak daging dan brokoli hingga matang. Siapkan wajan panas, tumis bawang putih hingga harum, masukkan brokoli dan daging, kemudian tambahkan kecap, gula, madu, merica (lada) dan masak hingga bumbu meresap ke dalam daging.

  • Peppermint

Jika Anda tidak suka mengonsumsi jahe, maka Anda bisa memakan peppermint sebagai gantinya. Peppermint juga diketahui bisa menjadi obat yang aman dan efektif untuk mengobati gejala mual dan muntah pada orang hamil. Anda bisa memakan permen peppermint, minum teh peppermint, atau menggunakan minyak peppermint.

Adapun Makanan Sehat Agar Langsing Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, anda pasti ingin mengembalikan bentuk tubuh seperti dulu. Tetapi tentunya anda tidak mungkin diet ketat, karena harus menyusui si kecil.

Ada tiga makanan sehat yang bisa anda jadikan menu wajib setelah melahirkan. Bukan hanya menyehatkan tetapi juga bisa membuat lemak perut menyusut. Berikut tiga makanan sehat untuk menyusutkan perut setelah melahirkan, seperti dikutip dari Eating Well

1. Biji-bijian

Makanan yang terbuat dari biji-bijian sehat seperti bubur gandum utuh, roti gandum atau beras merah bisa Anda jadikan sumber karbohidrat. Mengonsumsi biji-bijian sehat, menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Nutrition,dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan lemak perut. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sekitar 3 porsi biji-bijian sehat dalam sehari total lemak tubuhnya berkurang 2,4 persen dan lemak di bagian perutnya berkurang 3,6 persen.

Serat dalam gandum utuh dapat membantu Anda merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Sebagai menu Anda bisa mengombinasikannya, saat pagi konsumsilah roti gandum, makan siang dengan beras merah dan makan malam dengan bubur gandum.

2. Cuka Apel

Penelitian di Jepang menunjukkan ketika orang yang mengalami obesitas menambahkan empat sendok cuka apel pada minumannya selama 12 minggu, lemak perutnya berkurang 5 persen dan lemak tubuhnya berkurang 3,5 persen. Hal ini dibandingkan dengan penderita obesitas yang sama sekali tidak mengonsumsi cuka apel. Para peneliti memperkirakan bahwa asam asetat untuk bereaksi dengan enzim mengoksidasi lemak, sehingga hanya sedikit lemak yang berakumulasi.

3. Kacang

Tim peneliti dari Universitas Harvard, AS, mengamati kebiasaan makan lebih dari 50.000 wanita selama delapan tahun. Tim menemukan bahwa wanita yang makan kacang dua kali seminggu, berat badannya bertambah kurang dari yang tidak makan kacang sama sekali.

Meskipun kacang-kacangan tinggi kalori dan lemak, peneliti berpikir bahwa kombinasi protein, serat dan lemak sehat (mono dan polyunsaturated) membantu membuat anda merasa kenyang. Untuk itu, konsumsilah kacang yang diolah dengan sehat seperti direbus beberapa kali dalam seminggu.

Itulah bahan alami yang bisa anda gunakan untuk meredakan gejala morning sickness selama masa kehamilan. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga artikel yang kami bahas ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs https://caramengobatipenyakitstrokeblog.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya. Baca juga artikel kami lainnya : Buah-Buahan Yang Baik Untuk Kecantikan

Pilihan Makanan Anti Mual Untuk Ibu Hamil

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s